Jumat, 27 Februari 2015

tentang kesalahan

pada akhirnya saya belajar mengenai kesalahan, kemudian membaginya menjadi dua jenis kesalahan dalam hidup. saya membaginya menjadi dua jenis, kesalahan umum dan kesalahan yang belum tentu.

kesalahan umum adalah kesalahan yang sudah sering dilakukan orang. kita tidak perlu melakukannya sendiri hanya untuk tahu kalau itu sebuah kesalahan. contohnya banyak, bolos misalnya. kita tahu kita akan rugi dengan meninggalkan kelas. kita tahu ketika ketinggalan materi adalah konsekuensi kesalahan membolos. kita tahu, tanpa harus melakukan.

kesalahan yang belum tentu adalah kesalahan yang harus dilakukan sendiri, hingga kita menyadari bahwa kesalahan itu adalah sebuah kesalahan. kita melakukan tanpa intensi melakukan kesalahan. kita hanya melakukannya. kitapun tak tahu apa yang akan terjadi setelahnya, apakah ini akan mengantarkan kita pada hal yang menyenangkan atau menyedihkan. kita bertaruh padanya. dan kita akan belajar padanya. kesalahan inilah yang mengantarkan kita ke arah yang lebih dewasa. kesalahan ini mungkin kita sesali di awalnya, tetapi tanpa kesalahan ini, kita justru tidak berkembang, tidak belajar, tidak berubah, tidak berusaha memperbaiki diri. kesalahan inilah yang mengajarkan kita tersenyum di akhir cerita karena ia mengantarkan kita ke jalan yang (kita kira?) benar.

dan kamu, adalah kesalahan yang saya syukuri hingga hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar