Rabu, 03 September 2014

belajar

katanya, sepanjang hayat kita akan terus belajar hal baru. kalau sudah berhenti belajar, berarti sudah mati meskipun masih bisa bernafas. pada awalnya, aku tak pernah paham mengapa harus begitu. tidak paham apa lagi yang harus dipelajari ketika sudah lulus sekolah.

memang tidak banyak orang yang mampu terus menerus belajar. ada yang terus melakukan pola yang sama, tidak berubah, karena sudah yakin setengah mati bahwa itu cara hidup yang benar. ada yang berhenti belajar karena merasa dirinya sudah berumur dan sudah cukup pandai. ada pula sebagian orang yang masih terus terkejut setiap harinya, terkagum-kagum karena menemukan hal baru di dunia, meskipun sudah beruban.

akan selalu ada cara belajar bagi yang ingin. tidak dibatasi oleh keterbatasan. buta, tuli, bisu, lumpuh secara fisik mungkin hanya sebagian rintangan bagi seseorang yang masih punya semangat belajar.

bukan orang lain yang membatasi kita. hanya kita yang membiarkan badan melemah dan memberi ruang orang lain membatasi kita. bukan orang lain yang menjatuhkan kita, hanya kita yang membebaskan mereka berbuat buruk pada kita.

it always depends on yourself. karena Tuhan tidak mengubah nasib sebuah kaum tanpa mereka mengusahakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar