Sabtu, 21 September 2013

pemuja kesamaan

baru saja menyadari bahwa kita semua ini pemuja kesamaan. katanya sih, setiap orang memang dilahirkan berbeda. katanya, kita tidak bisa mengubah itu karena perbedaan adalah hal mutlak abadi.

mari kita lihat betapa intolerannya kita terhadap perbedaan. kita hanya mau bekerja dengan orang-orang yang sepikiran. kita hanya mau bicara pada orang yang sependapat. kita hanya mau menikah dengan orang yang sesuku. tidak ada yang salah dengan kesamaan, karena memang kesamaan menimbulkan kenyamanan. tetapi tidak dengan mencoba menyingkirkan perbedaan, menghilangkannya hingga tenggelam ke dalam tanah dan tidak muncul lagi. betapa jahatnya kita, memuja kesamaan, karena kesamaan menciptakan kenyamanan, kita merasa begitu aman dengannya, lalu berusaha mati-matian menyingkirkan perbedaan karena menganggapnya sebagai musuh.

ternyata, apa yang aku dapat di rumah lamaku dulu adalah, aku dan banyak orang lain, menjadi pemuja kesamaan. berhenti berkontribusi karena semua orang tidak seperti kami. tidak mau berkolaborasi karena apa yang berbeda itu salah.

jadilah lentur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar