Sabtu, 10 Juli 2010

reblog banget !!

Etika

Kita hidup ini, nggak sendirian. Ada masyarakatnya, ada aturannya. Aturan, ada yang tertulis, ada yang nggak tertulis. Kenapa nggak tertulis? Karena udah merasa nggak perlu lagi diingetin, karena sudah adat istiadat. Inilah yang disebut etika. Etika itu ada macam2, etika berpakaian, berbicara dengan orang lain, berperilaku dgn orang lain, dsb. Apabila etika ini dilanggar, maka akan terjadilah pelanggaran norma kesopanan tersebut, yang lebih dikenal dengan sebutan nggak etis.

Harga Diri

Nggak usah repot2 minta orang menghargai kita, kita aja dulu yang berusaha menghargai orang lain. Kalo itu udah kita lakuin, dengan sendirinya orang lain akan menghargai kita. Sekarang gimana orang mau menghargai kita, kalo kita sendiri nggak pernah menghargai orang? Sama aja bohong. Kaya kita minta dibaikin tapi nggak pernah ngebaikin orang, ya mana mau orangnya. Gitu ajalah. Hidup di dunia itu ada hukum timbal baliknya. Kamu ngasih baik, dapetnya baik, kamu ngasihnya jahat, dapetnya juga jahat dong.

Menghargai Perasaan Orang Lain

Menghargai, itu sama pentingnya sama dihargai. Perasaan orang, itu paling penting buat dihargai, dihormati. Jangan sak karepe dewe. Kalo mau sak karepe dewe, ya hidup di hutan aja.

Mungkin kalian berpikir saya ini banyak omong, bisanya cuma ngomong. Jujur aja, saya sendiri ini belum sempurna, jadi dewasa aja belum bisa. Saya sendiri ini masih dalam proses belajar, dan saya, dengan senang hati membagi apa yang sedang saya pelajari. Tentang ilmu kehidupan, hubungan antar sesama.



reblog dari blog salah seorang kakak kelas saya. gak berarti aku punya masalah yang sama, tapi setuju aja gitu, tentang etika itu, harga diri, juga tentang menghargai orang lain .. sadar gak sih kalau manusia sekarang bener2 kehilangan 3 hal di atas?

1 komentar: