Senin, 05 April 2010

akhirnya bukan buku harian haha

hmm, apa ya. aku gak tau harus kaya apa pembukaannya

sebenernya bukan hal penting dibahas juga se. malah neges pol haha. jadi aku pengen mengomentari soal pendidikan Indonesia hahaha neges pol kan?

bagaimana menurut kaliaaaan? (pake nada anak tk yaa) hohoho.

masalahnya kompleks juga sih. hmm. emang mengubah kurikulum segampang boker di kamar mandi apa.. mana jaman skrg DPR kan suka gak setuju gitu kl gak menguntungkan mereka ya. apa kaya gini ya masyarakat kita? yang mewakili aja kaya gitu apalagi yang diwakili hehe.

bagi aku sendiri, pelajaran sekolah itu kurang efektif. terlalu banyak yang harus dimasukkan ke otak. ia atau is mungkin uda bisa disebut penjurusan, tapi seharusnya lebih menjurus dari penjurusan itu sendiri, maksudku .. mungkin 2 atau 3 pelajaran aja yang d fokusin. lagipula (nasionalisme iki) kenapa ya kok kita sekarang berasa di inggris? pelajaran semua diajarin dalam bhs planet. sadar atau enggak, rasa nasionalisme yang jadi dasar malah dihilangkan. berasa dijajah sama ilmu pengetahuan. ya enggak? ya ya aku tau, pemerintah punya gagasan seperti itu bukan tanpa tujuan atau bagaimana .. tapi penggunaan bahasa itu sendiri menurutku uda terlalu berlebihan, bahkan salah satu SMA di surabaya dalam conversation di luar pelajaran juga mengharuskan murid dan gurunya pake bhs inggris. aduh berlebihan banget. kenapa sih sistemnya harus kaya gitu? supaya murid terbiasa dengan bhs inggris? kayanya kuliah di luar negeri adalah SATUSATUNYA tujuan kita sekolah sampe SMA. kayanya bikin ANAK DIDIKNYA SEKOLAH DI LN adalah prestasi setinggitingginya. astaghfirullah.

sedangkan nilai nilai dalam diri seorang individu cenderung diabaikan. kata pak Latief di kick andy, kalau seorang guru mestinya selalu mengapresiasi apa yang dikerjakan murid. dan bener bener, AKU SETUJU BANGET. disini murid kaya apapun bener2 butuh apresiasi dari guru, murid ngerjain pr aja uda alhamdulillah deh. tapi ini ngerjain eh malah disalahsalahin. apa sih. kaya gini ini yang bikin anak jaman skrg males buat ngerjain pr yang sbnrnya cara seorang guru mengajarkan murid tentang tanggung jawab.

maaf kalau misal ga sependapat atau gimana. namanya juga ini pendapatku hehe.

apa sih tujuan kita sekolah rek? aku tanya masingmasing dari kalian aja lah. mungkin biar bisa dapet kerja apik. biar dapet duit banyak. atau malah CUMA ISENG. ini terserah anda. kalau emang cuma belajar pelajaran, silakan home schooling aja. dimana gurumu cuma ngajar pelajaran. dimana kamu gak punya temen untuk sosialisasi. mungkin kita bisa di cap kaya atau apa lah. terserah anda.

yaa, kadang kita juga ga habis pikir kenapa keadaan bisa jadi serumit ini, bahkan kita juga mikir kalau mengubah dunia butuh semua orang di dunia. tapi yang bener mengubah dunia cuma butuh SATU orang saja untuk memulai dan memotivasi orang lain.


maka, jadilah berani agar bisa mengubah dunia ke arah yang lebih baik :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar