Minggu, 09 Mei 2010

pada kemana guru berkualitas asli Indonesia?

great. tegas rek entry ku hahahaha.

menanggapi hasil unas smp. sbg alumni, teramat sangat prihatin. smp ku gak lulus 2 orang meeen (gak pake isin2an. TELAT). nilainya juga rendah2. adek2ku yang sudah aku doakan, aku percaya mereka bisa .. tapi ternyata Allah ngasi mereka rencana yang lebih bagus daripada doaku .. kehilangan kesempatan buat tes sbi. ya Allah. kuatkan mereka.

aku gak nyalahin guru smp ku 100%. tentu gak bisa seenaknya aku menjudge kl itu semua salah guruguru.. mungkin emang faktor dari anaknya sendiri atau faktor teknis yang sangat disayangkan dari intern maupun ekstern dinas pendidikan.

perlu berkalikali evaluasi. momok yang paling murid2 takutin adalah "bocoran unas". kl emang anak baik2 dan orang tua maupun guru bisa menanamkan rasa percaya diri, jujur, dan semangat .. yang namanya bocoran pun gak bakal bikin para murid itu tergiur. tapi pada kemana semua orang tua dan guru yang melindungi psikis maupun fisik anak?

apapun berdasarkan UUD .. ujung ujungnya duit. cari bocoran supaya anak didiknya dapet nilai bagus-dapet ratarata tinggi-para calon murid baru tertarik daftar-duit pendaftaran banyak. alaaaaah bullshit semua itu. jadi buat apa beliau beliau para guru yang berpendidikan, berlabel S.Pd M.Pd toh ujung ujungnya cari kenikmatan dunia. beli mobil fortuner. beli rumah di ciputra sana. innalillahi. mau jadi apa Indonesia ini rek?

buat aku yang sampe skrg masi jadi murid (belum ngerti jatuh bangunnya guru). gampang lah kl ngomong. gampang kl urusan sawang sinawang, kl kata orang jawa. standar guru buat aku sendiri sih, bukan cuma sebagai guru tapi juga teman. bukan berarti sebagai murid kita kehilangan sopan santun ke guru. tapi kata pak latief, harus ada kedekatan emosi antara guru dan murid. setuju banget deh. guru bukan masuk kelas cuma untuk kasi materi, tapi buat perhatian juga sama keadaan muridnya. guru juga bukan cuma menyampaikan materi ajar, tapi juga berita2 up to date yang juga bisa jadi pelajarn moral buat murid. alias ada penanaman budi pekerti yang mungkin skrg sudah sering dilupakan para guru "modern". rasa menghargai dari guru sebenernya cara yang ampuh banget buat murid. murid kaya apapun, bakal luluh kl uda kena jurus "dihargai guru sendiri". ini bakal bikin murid juga menghormati guru lhoo :). yang penting lagi .. gurunya ikhlas dalam hal ngajar. kata ayahnya temenku, kl murid gak mudeng sama apa yang diajarin, bisa aja gurunya itu gak ikhlas ngajar. nah kl gurunya aja uda ga ikhlas, muridnya juga bakal gak ikhlas dengerin. payah banget kan? samasama gak ikhlas.
*berikut sedikit penelitian dari anak2 kelasku dengan beragam jenis guru yang keluar masuk kelas kami.


kita sebagai generasi baru seharusnya sadar diri. bukan seharusnya selalu minta untuk difasilitasi. kalau sudah bisa sendiri, ya belajar mandiri (gombal banget aku). i mean, waktunya mulai sekarang kita membangun dan membentengi diri sendiri. kalau gak percaya sama diri sendiri, minta pertolongan Tuhan. bukan pertolongan teman yang nyolongan ! kalau merasa sendiri, cari teman yang memang setujuan dan bisa menyalurkan semangat terpuji buat kita. sudah waktunya kita gak bergantung sama hal2 yang salah di atas. sudah seharusnya kita gak selalu menuntut guru yang bikin soal susah, sudah mau ngajar kita lho ya alhamdulillah rek. kalau emang gurunya gak dateng yaa, bilang aja ke bk kl jarang masuk .. ojok malah meso2 geje.

ayo semangat maju buat Indonesia :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar