Jumat, 05 Februari 2016

SATUFISIP bagiku

Sudah beberapa hari setelah aku menseriusi kawan perjuangan untuk bersedia menemaninya mengurus persiapan kontingen #SATUFISIP. Ada yang heran aku menjawab tanpa berpikir panjang, ada yang bertanya mengapa. Berbeda dengan beberapa orang yang mulai gamang dengan kompetisi ini, bahwa kita sudah cukup dengan prestasi 3 besar di setiap lomba tiap tahunnya, aku berpikir bahwa bagi beberapa orang aktualisasi diri di tingkat ini masih merasa akan membanggakan. Dan mengapa harus mengecewakan mereka?

14 Februari 2015. 20.22

itu secuplik tulisan yang aku buat di salah satu file yang memang aku niatkan untuk jadi cerita tentang masa bakti terakhirku di BEM FISIP. Tidak terasa, ternyata pembicaraan itu sudah mulai di bulan Februari, ya. Masih ingat dalam rapat itu, si orang gondrong itu ditanya sama yang lain, 
"Dat, jadi gimana, lo siap ga jadi koordinator persiapan SATUFISIP? terus ambil wakil ga?"
"hmm iya yaudah lah........................nah buat wakil, gue pikir-pikir, gue mau ambil Eno aja, kan dia juga koorbid yang ngebawahin keilmuan, jadi ya ntar kerjaannya gitu-gitu dah"
yang lain menengokku, dan bertanya bagaimana pendapatku
"ooh.. yaudah oke."
"Bodat mikir jadi koor aja lama banget ya, ini Enok main iya iya aja kayak ga pake mikir" kata Bestari

*memang banyak ga akuratnya, tapi intinya gitu :")
hahaha, aku merasa tidak punya pilihan lain, sejujurnya. Toh apapun yang terjadi, persiapan FISIP menuju OIM juga ada dibawah pengawasanku, jadi ya, kerjakan saja.

berhari-hari berusaha mencari tahu lebih tentang apa itu SATUFISIP, bagaimana sejarahnya, bagaimana cara kerjanya, apa hambatannya, apa kekurangannya, apa yang harus diperbaiki, apa, apa, apa, bagaimana, bagaimana, dan bagaimana. Kaget, tentu, tapi juga semangat akan hal baru.

Sampai akhirnya kita dilengkapi dengan 3 ketua kontingen, 1 wakil ketua kontingen, dan 3 kepanitiaan persiapan.

nama grup line kita "malaikat FISIP". Cocok sama kalian, yang sabarnya ga ketolong, kayak ga pernah sakit hati. Jarang marah, ga deng, marah sering tapi cuma sama panitia dan departemen BEM UI yang mengadakan kompetisi ini :")).

Hambatan pertamaku adalah betapa susahnya menyamakan frekuensi sama Bodat, karena sebeda itu ritme kerja dan cara mikir kita. Masih inget banget, aku ngobrol sama Tya (wakadep Bodat tahun lalu) biar paham kalau kerja sama Bodat harus gimana :". Masih inget banget udah ga semangat karena merasa ga jelas di SATUFISIP karena udah dihandle sama Bodat dan Azka buat urusan administratif dan keuangan (dan emang kerjaan belum banyak di masa itu sih). Kalau diingat-ingat sekarang, cuma mau ketawain diri sendiri.

Melihat perjuangan kontingen itu moodbooster. Melihat mereka latihan rutin, melihat mereka rame kasih semangat satu sama lain di grup kontingen. Kalau sudah begitu, rasanya diri sendiri belum melakukan apa-apa buat mereka, buat setidaknya bikin mereka merasa sendirian, pun buat FISIPnya. Apalagi saat jadi salah satu admin akun LINE SATUFISIP, makin-makin bahagia kalau banyak yang tanya soal jadwal dan tempat.

Masih inget gak, dulu kita disuruh maju buat kenalan di acara PSAK hari kedua? Semua yang ga biasa ngomong di depan, tahu-tahu harus ngomong dan jelasin apa itu SATUFISIP, Olim, OIM, UI Art War. Semuanya grogi, mana habis itu mimpin parade maba? Hahaha.

Tapi ada kumpulan orang yang harus banget dimakasihin, karena mereka yang sebener-benernya nyiapin kontingen dari yang kecil-kecil sampe gede-gede. nyiapin jadwal latihan, nyiapin konsum latihan, nyiapin konsum pertandingan, nemenin dari latihan sampe tanding, ngurusin administrasi buat dikumpulin, nyari duit biar semua bisa jalan, dokumin latihan, bikinin publikasi sepanjang pra sampe pasca kompetisi. Ya Allah kalau bukan karena anak-anak tulus FISIP Juara, FISIP Goes To OIM, dan FISIP for UIAW, kontingen mungkin ga akan berjuang segininya sampe 3 piala juara umum di FISIP. Makasih ya :).

personally, aku bakal makasih banget sama anggota Malaikat FISIP. Makasih buat Bodat, gue gatau mau ngomong apa LOL, hmmmm makasih deh buat setahun atas ketololan, kesialan, ke-ngga-punya-duit-an, ketiduran, kekhilafan, ke-seenak-jidat-an, ke-ngga-paham-lo-ngapain-an, kebersamaan, ke-saling-lengkapin-satu-sama-lain-an, dan hal baik lain yang malah ga kepikir pas nulis. LOL. Makasih buat Defi yang kalem, sabar banget, yang kalau aku bilang "iya kmrn di kos aja soalnya sakit" terus dijawab "lah sakit lagi?" sampe bosen ya Def? :")), yang kalau ketemu "kak, napa sih kurus banget" aku jg mau bilang "Def, elah napa sih cantik banget" :(, kegercepan menghadapi Rangga dan Diky wkwk, yang kritis kalau nemenin kontingen latihan, rajin ngobrakin anak OIM Quiz garagara suka molor wkwk. Makasih banyak ya, Def. Makasih buat Ferdi yang ngeselin abis, suka usil, suka bikin ga paham ngapain sih kok ada orang begini yak, yang kalau suruh speech pasti langsung lempar ke Defi hahaha, temenku yang senasib dan setia bilang "kan cuma wakil" :)). Makasih banyak ya, Fer. Makasih buat artis Jakarta, Dania, yang selalu ngeramein grup, ngakunya sabar tapi kalau udah ketemu panitia rasanya kayak cabe mau diuleg, yang kalau ngirim chat emotenya banyak dan panjang kek :"""""""""") gini, yang pas RPP grogi berat kayak lagi dilamar orang, yang sakit pas takor mati lampu dan UIAW udah jalan. Makasih banyak ya, Dan. Makasih buat Facil, yang cool abis di saat semua cewek2 di grup rame, yang ga pernah ngeluh, kalau ditanya semua udah beres, yang rendah hati banget dan selalu bilang "pialanya punya Depor", yang rumahnya jauh jadi kudu nginep kos orang, yang paling jarang tai-taiin panitia (jarang, bukan ga pernah LOL). Makasih banyak ya, Cil. Makasih buat Azka, yang paaaaliiiing sabar ngurusin duit, muter otak duit mana dipake buat bayar polo, bikin TOR biar duit cepet turun, temen klop buat berkonspirasi ngurusin kecil-kecil yang ga kepegang sama Bodat, temen curhat, temen ngomongin orang. Makasi banyak ya, Zka. Makasih buat Nanda, yang paling sabar ngurusin printilan bon-bon an, ngurusin list nama yang suka ga jelas kenapa jumlah kontingen segini tapi namanya segitu, yang sabar hubungan sama bendahara-bendahara panitia persiapan dan nungguin harap harap cemas, yang mau berdamai denganku buat SATUFISIP. Makasih banyak ya, Nan.

Aku sadar betul, aku bukan orang yang paling banyak bekerja dan berkorban di sini. Aku cuma remah-remah pelengkap yang ga setiap saat hadir di presentasi, penampilan, dan pertandingan. Aku cuma berusaha mensyukuri kehadiran kalian. Aku jujur tak menyangka akan bahagia, sebegininya di akhir tahun ini. Lagi-lagi terima kasih sudah membuat penutup manis di tahun terakhirku.

Foto pertama kali bareng ber-enam. Habis parade tengah malem
menyambut kemenangan FISIP di Olim UI. Pertama kalinya piala-
piala juara Umum bersebelahan.
selamat ya, sayang-sayang, treblenya. Alhamdulillah ga ada yang harus iri, semuanya dapet piala juara umum, semuanya akur saling menyayangi :"))

Foto ber-enam lagi di Malam Apresiasi SATUFISIP dan Fisipresiasi. Oiya, itu
(dari kiri ke kanan) Enok, Facil, Defi, Dania, Ferdi, Bodat.
Dan sekarang semuanya sudah ditutup dengan rapi, baik, dan manis. Piala-piala juara umum sudah bersanding bersebelahan untuk setahun ke depan di rumah kita bersama. Kita sudah sama-sama bilang terima kasih kepada semua pihak di FISIPRESIASI kemarin. Jadi, habis ini pada mau ngapain?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar