Selasa, 15 Juni 2010

kesibukan membuat kita egois (?)

entry kali ini curhatan sekaligus mungkin bisa jadi bahan pemikiran orang-orang yang membacanya, amin.

entry ini diilhami sama teman-teman smala yang sibuk sekali :).

sebatas kesibukan ikut kepanitian dan bisa bagi waktu sih gak masalah lha ya .. dtambah dengan ekskul sesuai dengan jiwanya juga bagus .. tapi kalau uda kebablasan? kasian badan kita juga.

hampir setahun bareng sama smala, bkin aku tau karakternya .. mana yang mampu di bidang ini atau bidang itu .. mana yang mau dan mana yang gak mau .. mana yang bisa diharapkan dan mana yang mungkin kurang aktif ..

ada salah satu temen yang .. suibuk poool .. kaya gak pernah pulang hehe :p .. dan dia seneng dengan hal itu .. ya bagus kan? tapi sisi lain .. dia jadi jarang banget ngerjain tugas .. tugas individu maupun kelompok .. kalau urusan individu paling cuma kasian, yah mau gimana, bantuin? tugas e dewe ae suka keleleran sampe bandung .. tapi kalau uda urusan kelompok .. sayang banget dia gak bisa kasi kontribusi .. mau marah pun dia ganti bentak minta dingertiin kalau dia itu sibuk .. ini nih yang aku sebut egois tadi .. bahkan sering kali dia menggerutu kalau dikasi tau kalau tugas dari 4minggu yang lalu harus dikumpulin besok "lho gurunya itu ya apa se, kok ngasi tugas tibatiba, kaya kita sekolah cuma pelajaran dia" .. sayaaaaang, kan itu uda luama ngasinya .. kok jadi gurunya juga salah? anak lain bisa tuh selesai besok, bahkan uda dari brapa hari yang lalu.

tapi yang namanya kepanitiaan maupun ekskul .. bagiku sangat penting .. meskipun belum pernah ikut kepanitiaan apapun .. tapi inilah proses belajar hidup yang sebenernya .. berani ngadepin orang banyak .. berani jadi babu .. berani ngesot buat kepentingan bersama .. itu lah .. dimana kita mencintai apa yang kita kerjakan .. dan apa yang akan kita dapat insya Allah bukan sesuatu yang kecil buat hidup kita .. tapi kalau sudah ninggalin pelajaran? yaa jangan dong .. tujuan yang paling besar dari sekolah kan pelajarannya .. yang menentukan kamu lulus atau enggak, ya pelajarannya .. bukan ekskul atau kepanitiaan kamu tadi itu .. 2hal ini yang bikin kamu "siap di pasaran global" setelah lulus dari sekolah formal ..

yang mau aku ungkap pastinya adalah semua itu harus balance, kalau kita terlalu abot ke salah satu juga bakal repot lhoo .. misal kita ninggal pelajaran keseringan demi ekskul, bisa gagal tuh di ulangan umum *pengalaman pribadi --a* .. tapi kalau hidup study oriented banget ya gak seru dooong .. ayo buka mata lebar lebar .. masih banyak keajaiban di dunia ini yang bisa kita cicipi :)

*thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar